Samsung Galaxy Nexus I9250 vs New HTC One : Siapa Pemenangnya?

Kali ini kami akan menyajikan ulasan perbandingan antara dua smartphone yang sedang menjadi buah bibir belakangan ini, yaitu Samsung Galaxy Nexus I9250 dan HTC One X.

1. Spesifikasi
Adapun spesifikasi HTC One X adalah :
– Prosesor Nvidia Tegra 3, 1.5 GHz quad-core
– Corning Gorilla Glass Display
– Super IPS LCD2 4.7 inci, 1280 x 720 piksel
– RAM 1 GB
– Android 4.0 ICS
Sedangkan spesifikasi dari Samsung Nexus I9250 adalah:
– Prosesor TI OMAP 4460 Cortex-A9 1,2 GHz Dual-core
– Oleophobic coating protection
– Super AMOLED capacitive touchscreen 4.65 inci, 720 x 1280 piksel
– Android 4.0

2. Display/Tampilan
Layar HTC One X merupakan jenis Super IPS LCD2 4,7 inci beresolusi 1280 x 720 piksel. Sedangkan Galaxy Nexus I9250 berukuran sedikit lebih lebar, yaitu 7 inci, dan menggunakan layar jenis TFT capacitive touchscreen beresolusi 600 x 1024 piksel serta mampu menangkap kedalaman sekitar 16 juta warna. Layar HTC One X lebih cenderung menonjolkan warna merah, jika dibandingkan Samsung Galaxy Nexus I9250 yang cenderung kebiruan.

3. Dimensi
Dari segi ukuran bodi kedua smartphone memiliki dimensi yang hampir sama. Samsung Galaxy Nexus I9250 berukuran 135,5 x 67,9 mm dengan ketebalan sekitar 8,9 mm dan berat 135 gram. Sedangkan HTC One X berukuran 134,5 x 69,9 mm dengan ketebalan 8,9 mm dan berat sekitar 130 gram. Kedua smartphone sama-sama memiliki desain bodi yang tipis, sedangkan dari segi berat HTC One X sedikit lebih ringan jika dibandingkan Galaxy Nexus I9250.

4. Interface/Antar Muka
Samsung Galaxy Nexus I9250 dan HTC One X sama-sama menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS. Perbedaannya, HTC One X dilengkapi dengan HTC Sense versi 4.0 yang populer karena tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Resolusi HD membuat layar HTC One X terlihat cerah dan tajam dan lebih lengkap berkat kustomisasi Scenes dan Skins. Beberapa kemudahan diberikan drawer HTC Sense seperti jalan pintas ke fitur pencarian aplikasi, jalan pintas menuju Play Store dan menu di pojok kanan atas.
Sementara pada Samsung Galaxy Nexus I9250 layar diproteksi dengan slide, face unlock, pattern, PIN dan password. Anda harus berhati-hati menggunakan fitur proteksi ini karena lupa password, misalnya, bisa berakibat fatal. Demikian pula jika Anda menggunakan face unlock. Perbedaan kecil seperti penggunaan kaca mata akan mempengaruhi kemampuan perangkat untuk mengenali wajah Anda. Dari segi tampilan, Samsung Galaxy Nexus I9250 didominasi warna biru dengan latar belakang hitam. Homescreen terdiri dari layar home yang tersusun horizontal. Bar notifikasi tampil transparan, namun hanya memuat shortcut pengaturan saja, semacam ukuran font, sleep, auto rotate screen, kecerahan dan lampu notifikasi.

5.    Kamera
Kamera pada Galaxy Nexus I9250 beresolusi 5MP dan memiliki fitur burst shoot yang mampu mengabadikan 25 foto dalam waktu 12 detik. Foto yang dihasilkan cukup berkualitas baik, namun tidak terlalu istimewa. Ada efek blur jika digunakan untuk pemotretan dalam ruangan, termasuk ketika LED flash diaktifkan.
Sementara kamera pada HTC One X memiliki resolusi yang sedikit lebih besar, yaitu 8MP. HTC One X diklaim produsennya sebagai smartphone dengan kamera yang mampu mengabadikan detil obyek di berbagai kondisi pencahayaan, bahkan yang paling gelap sekalipun. Foto yang dihasilkan HTC One X berkualitas sedikit lebih baik daripada Samsung Galaxy Nexus I9250 karena resolusi yang lebih besar. Namun, dari segi burst shoot, HTC One X harus mengakui keunggulan Samsung Galaxy Nexus I9250 karena hanya mampu memotret beberapa foto saja dalam hitungan sekian detik. Demikian pula dari segi fitur pengaturan. Samsung Galaxy Nexus I9250 tergolong lebih sederhana daripada HTC One X. Beberapa konsumen mungkin akan cenderung memilih kamera dengan fitur pengaturan lebih banyak karena mereka akan memiliki banyak pilihan untuk mengedit foto sesuai keinginan.

6.    Kualitas Suara
Samsung Galaxy Nexus I9250 menyediakan beberapa pilihan efek suara/equalizer seperti flat, folk, rock, dsb. Anda pun memiliki kesempatan untuk menyalurkan kreatifitas karena dapat membuat efek suara buatan sendiri. Kualitas loudspeaker tidak terlalu baik dan biasa saja. Namun, hal ini dapat diperbaiki ketika Anda memasangkan headset bawaan Samsung. Kualitas suara lebih bertenaga dan efek 3 dimensi terdengar sempurna. Di sisi lain, HTC One X memiliki speaker yang cukup bertenaga, namun suara akan cenderung tak enak didengar pada volume dinaikkan. Sama seperti Samsung Galaxy Nexus, kualitas suara akan membaik ketika kita menyambungkan perangkat dengan headset. Selain itu, Anda bisa mengaktifkan berbagai fitur efek suara yang tak tersedia ketika mengaktifkan mode loudspeaker. Beberapa efek yang bisa dipilih antara lain Classical, Bass boost, Vocal, Treble boost, Live, Dance, Warmth dan Sweetener.

Untuk harga, inilah kelebihan priceme.co.id. Kami menyediakan referensi harga dari berbagai toko online di Indonesia. Klik di sini untuk melihat perbandingan harga HTC One X. Juga cek ulasan/review dari berbagai ulasan di seluruh dunia

Demikian ulasan dari kami. Manakah yang Anda pilih?
Belanja lebih pintar dengan PriceMe Indonesia! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *