Selayang Pandang Kamera Digital

Perkembangan teknologi yang semakin cepat dari hari ke hari, telah menghasilkan sejumlah inovasi untuk memudahkan aktifitas manusia.  Salah satu diantaranya adalah kamera digital. Kamera digital merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya, yaitu kamera analog, dengan  mengutamakan media penyimpanan hasil pemotretan dan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

Kamera Digital
Keunggulan kamera digital jika dibandingkan dengan kamera analog adalah praktis digunakan, dan Anda tidak perlu belajar di sekolah fotografi selama bertahun-tahun untuk dapat menghasilkan foto berkualitas, baik dari sisi teknik pengambilan gambar maupun cara pengoperasian kamera. Dahulu, kita harus membuang foto-foto yang gagal karena outfocus, blur, komposisi tidak tepat dan pencahayaan yang under maupun over. Di samping tidak praktis karena kita hanya dapat menghasilkan foto dengan jumlah terbatas,  dan harus melewati beberapa tahap untuk dapat mengetahui hasil pemotretan, yaitu pencucian dan pencetakan film, hal ini juga sangat memboroskan biaya.  Di sisi lain,  para fotografer yang menggunakan kamera analog lebih terasah dalam segi skill dan ketajaman naluri, karena terbiasa untuk berhati-hati setiap membuang satu frame dari film analog saat melakukan pemotretan.

Canon EOS

Kamera digital tiba-tiba hadir di awal millennium dengan menawarkan sejumlah keunggulan. Kamera digital  menghilangkan sama sekali fungsi film analog, dan menawarkan metode baru untuk menyimpan hasil pemotretan dalam kapasitas yang lebih besar. Pengguna cukup menghapus foto-foto yang gagal, karena mereka dapat langsung  mengetahui gambar hasil pemotretan melalui LCD yang terpasang pada bagian belakang kamera sebelum dicetak pada kertas foto. Hasil pemotretan yang paling kredibel akan dimasukkan dalam kartu memori, dan dapat dihapus sewaktu-waktu jika tidak dibutuhkan lagi. Beberapa jenis kamera digital dilengkapi dengan  tambahan untuk mengedit foto secara  instan, seperti efek monokrom dan kembang api. Ada juga yang dilengkapi dengan fitur untuk mengatur secara otomatis hasil pemotretan yang dilakukan pada beberapa kondisi signifikan, seperti outdoor, indoor, pemotretan malam hari, aktifitas olahraga, backlight dan pengaturan white balance.
Namun, yang paling utama dari penggunaan kamera digital adalah kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera digital menawarkan hasil pemotretan yang lebih tajam dan tepat dalam hal akurasi warna, sehingga memungkinkan pembesaran foto hingga ukuran terbesar dengan tanpa mengalami degradasi ketajaman gambar (pecah). Hal ini dimungkinkan karena kamera digital dilengkapi dengan CCD yang berfungsi untuk merubah gambar analog menjadi sejumlah sinyal listrik yang berisi sejumlah titik sensor, atau disebut juga dengan pixel.  Makin banyak jumlah pixel yang tercantum pada sebuah kamera digital, makin tajam pula gambar yang dihasilkannya.
Semakin ketatnya persaingan pasar membuat beberapa produsen kamera digital melakukan penambahan sejumlah fitur dan mode pengambilan gambar.  Diantaranya fitur Face Detection yang berfungsi untuk mengatur focus dan jumlah cahaya yang terdapat pada bagian wajah. Fitur ini sangat berguna bagi pemotretan close up yang menonjolkan profil wajah untuk berbagai keperluan fotografi, misalnya untuk pemotretan model, produk maupun dokumentasi acara pernikahan atau wisuda. Ada juga yang tetap setia dengan fitur-fitur lama, namun meningkatkan kapabilitas penyimpanan dan ketajaman gambar dengan melakukan penambahan pada jumlah pixel dan tipe memori eksternal dengan kamera digital yang bersangkutan. Sementara itu, beberapa brand kamera digital lainnya juga menambahkan mode perekaman gambar bergerak (video), untuk perekaman selama 2 hingga 8 detik. Mode ini sangat sesuai digunakan untuk para pengguna yang bermaksud membuat video klip dengan durasi pendek sebagai alternative pengambilan gambar.

Sony Cybershot

Salah satu merk kamera digital yang paling banyak dibeli yaitu Canon EOS,  terutama untuk seri 600D. Ditawarkan dengan harga sekitar 5 jutaan, pengguna hanya akan mendapatkan bodynya saja (body only) tanpa dilengkapi dengan lensa bawaan. Keunggulan lainnya yaitu adanya fitur Image Stabilization yang berfungsi untuk mengurangi efek blur akibat goncangan yang dialami kamera.  Beberapa review pelanggan membandingkannya dengan Nikon D7000 yang memilliki fitur nyaris sama dengan Canon EOS 600D. Hanya saja Nikon D7000 dilengkapi dengan mode pemotretan berkecepatan tinggi untukpengambilan gambar 6 sampai 100 frame per detik. Nikon D7000 hanya dilengkapi ISO hingga 6400, yang sedikit berada di bawah Canon EOS 600D.
Ada juga jenis-jenis kamera yang murah, seperti merek Orly yang berharga 700 ribuan, tapi sudah punya resolusi 14 MP dan didukung dengan fitur smile detection. Untuk kamera poket standar dengan gambar yang tajam tetapi berharga murah, bisa kita pilih merek Pentax. Lensa fokusnya sangat tajam, dengan zoom yang lebih dari 3x. harganya tidak sampai satu juta.
Kamera sekarang ini sudah tidak menjadi barang yang mahal. Kita bisa mendapatkan berbagai kelebihan dan teknologi terbaru yang terdapat dalam kamera dengan harga yang murah dan terjangkau. Dengan memilih berbagai produk yang paling sesuai baik dengan kebutuhan kita maupun dengan budget kita, maka kita bisa menghemat uang kita. Untuk itu, kita harus menjadi pembeli yang lebihh pintar, dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangan produk yang akan kita pilih. Kita dapat membandingkan produk, harga, review atau tinjauan dan ulasan yang diberikan oleh pengguna dan para ahli. Tidak sulit menemukan informasi ini, karena semua bisa kita dapatkan pada situs priceme.co.id .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *