Tips Membeli Gadget Yang Sesuai untuk Buah Hati Anda

Seiring dengan perkembangan jaman, anak tak lagi bersuka ria ketika orang tua membelikan mereka boneka Barbie atau sepeda balap sebagai hadiah ulang tahun ataupun hadiah kenaikan kelas. Berdasarkan sebuah survei yang diadakan Hottest Insight terhadap beberapa anak dari berbagai lapisan usia, sebanyak 35% anak menginginkan orang tua mereka memberikan hadiah kenaikan kelas berupa gadget keluaran terbaru (tablet, phablet, smartphone, dsb.). Sedangkan 51% lainnya menyatakan mereka tidak masalah jika orang tua memberikan hadiah berupa ponsel biasa pada mereka. Sisanya memilih perangkat selain gadget, dan jumlahnya jauh lebih sedikit.

Kami pun memahami kondisi beberapa orang tua yang mampu secara finansial dan membelikan gadget untuk buah hati bukanlah masalah besar untuk mereka. Sementara sebagian lainnya mungkin berpikiran positif, dengan harapan agar anak terpacu semangat belajarnya dan makin berprestasi di sekolah.

Meski demikian, tak berarti Anda tak wajib berpikir dua kali sebelum memutuskan gadget yang paling tepat untuh buah hati Anda. Hal ini karena anak-anak berbeda dalam segala hal jika dibandingkan dengan orang dewasa. Di samping pola pikir yang belum matang, anak-anak membutuhkan gerak tubuh yang aktif untuk menjaga tumbuh kembang sempurna hingga mereka dewasa, dimana hal ini akan terhambat seandainya mereka terlalu asyik bermain gadget.

Pada kesempatan kali ini kami menghadirkan beberapa tips yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli gadget untuk si kecil.

1.    Harga

Harga, tentu saja, patut menjadi pertimbangan utama Anda sebelum membeli gadget untuk anak. Mungkin Anda mengira harga mahal identik dengan kualitas terbaik dibandingkan perangkat sejenis di kelasnya (kalau harga mahal identik dengan barang bermerek sih memang benar!). Padahal anggapan semacam ini belum tentu benar. Anda bisa browsing di internet untuk mengetahui gadget bermutu yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang ramah di kantong. Satu hal lagi, usia putra putri Anda juga dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli gadget. Jangan sampai Anda menyesal karena membelikan gadget berharga selangit kepada anak balita yang belum terlalu mahir memainkan gadget dan malah membantingnya ke lantai!

Bandingkan harga dan spesifikasi Ainol Novo 7

2.    Tujuan
Apa yang kira-kira akan anak Anda lakukan dengan gadget yang telah Anda belikan padanya? Apakah ia hanya menggunakannya untuk bermain game selama berjam-jam? Game apakah yang disukainya? Apakah ia menyukai game yang cenderung edukatif (bisa Anda unduh dari beberapa link yang ada di internet)? Apakah gadget tersebut dapat digunakannya dengan baik untuk mendukung aktifitas belajar?

3.    Kapasitas Memori
Jika Anda berkeinginan agar anak dapat memanfaatkan gadget pemberian Anda dengan baik untuk menunjang aktifitas belajar, sebaiknya Anda memperhatikan sejumlah aspek teknis seperti kapasitas memori pada gadget tersebut. Hal ini karena aktifitas belajar dengan sarana gadget akan membutuhkan pengolahan file, dokumen, aplikasi maupun video. Pastikan gadget yang Anda belikan untuk si kecil memiliki slot microSD sehingga Anda dapat menambahkan memori sesuai kebutuhan.

 4.   Ketersambungan Internet
Beberapa sekolah telah mengharuskan siswanya untuk belajar sendiri di rumah dengan menggunakan internet untuk mencari penjelasan mengenai sejumlah topik yang belum diajarkan oleh guru. Apabila Anda ragu-ragu tentang hal ini, Anda dapat berkonsultasi dengan guru/ wali kelas mengenai sejauh mana tingkat kebutuhan para siswa di sekolah anak Anda terhadap internet. Misalnya, apakah mereka sering mendapatkan tugas yang harus diselesaikan dengan mencari data di internet, apakah guru ikut mengarahkan murid tentang bagaimana menggunakan internet secara bijak, dsb. Dengan demikian, Anda akan dapat memutuskan gadget jenis apakah yang akan Anda berikan untuk anak, apakah sekedar gametab untuk bermain game, ataukah tablet yang bisa digunakan untuk mengakses internet?

5.    Kamera
Anak-anak gemar mencoba sesuatu yang baru dan bereksplorasi dengan hal-hal yang menarik perhatiannya. Tablet yang dilengkapi dengan kamera mungkin akan menjadi sesuatu yang disukai anak, karena mereka akan mempunyai pilihan selain menggunakan gadget untuk bermain. Tahukah Anda bahwa fotografi baik untuk anak, termasuk bagi mereka yang berusia balita atau baru duduk di taman kanak-kanak? Selain membuat anak memiliki kesempatan untuk belajar suatu ketrampilan baru, anak pun akan menjadi lebih percaya diri ketika mereka belajar bagaimana cara memotret suatu obyek. Anak juga belajar tentang bagaimana membuat perencanaan sebelum membuat sesuatu yang merupakan hasil karyanya sendiri. Seorang anak yang diperkenalkan pada fotografi sejak dini akan mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk mengekspresikan ide dan isi hatinya.  Makanya, jangan sepelekan fungsi kamera dengan hanya menggunakannya sebagai perangkat untuk berselfie saja, Bapak-bapak dan ibu-ibu.

Demikianlah ulasan dari kami mengenai tips untuk memilih gadget yang sesuai untuk si kecil. Mudah-mudahan bermanfaat.

Untuk membandingkan produk-produk yang ingin Anda beli baik online atau pun offline, jangan lupa klik situs www.priceme.co.id terlebih dulu. Karena Anda akan bisa membandingkan baik spesifikasi maupun harga serta membandingkan melalui berbagai ulasan/tinjauan para pengguna dan para ahli. Kunjungi situs PriceMe Indonesia dan belanjalah lebih pintar!

Jangan sampai salah pilih, bandingkan dulu… Mau yang bagusan https://www.priceme.co.id/Apple-iPad-Air-WiFi-16GB/p-888587968.aspx atau yang sedang https://www.priceme.co.id/Apple-iPad-Mini-WiFi-32GB/p-887148810.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *